JPD Gaet Perusahaan Jepang Wujudkan Energi Terbarukan di Kawasan Industri Jorong

Jorong Borneo Integrated City (3)

Tokyo, –  Jorong Kalimantan Selatan (Kalsel) menjadi salah satu perhatian utama pemerintah pusat untuk menjadikan kawasan industri di luar Jawa. Supaya segera terwujud, pengembang swasta PT Jorong Port Development (JPD) melakukan kunjungan kerja ke Jepang, sekaligus menggaet perusahaan Prospec Holding, Inc dalam mengembangkan industri energi  terbarukan (renewable energy).

Kunjungan ke Jepang bersama Himpunan Kawasan Industri Indonesia (HKI) pada 26 Oktober-1 Nopember 2017 menjadi fokus JPD dalam upaya mengembangkan kawasan industri Jorong. Sebab negeri sakura tersebut berpotensi meningkatkan perekonomian sektor industri dengan konsep hijau dan energi terbarukan untuk Jorong.

JPD Gaet Perusahaan Jepang Wujudkan Energi Terbarukan di Kawasan Industri Jorong
Direktur Utama PT Jorong Port Development (JPD), Wishnu Soehardjo mengungkapkan, JPD melalui branding Jorong Borneo Integrated City (JBIC) rencananya akan menjadikan kawasan industri Jorong menjadi kawasan industri yang hijau dan suistainable yang didukung oleh inovasi teknologi Jepang yang dimiliki perusahaan Prospec Holding Inc tersebut.

“Harapan kedepan MoU dengan Prospec Holding, Inc ini mampu bersama menjadikan JBIC sebagai kawasan industri yang hijau dan suistainable, dan kesepakatan ini akan mempercepat pembangunan dan konstruksi di kawasan industri melalui teknologi dengan pembangkit tenaga energi terbarukan,” Jelasnya, Selasa (31/10/2017).

Isi kerjasama dengan Prospec Holding tersebut antara lain menyediakan kebutuhan pembangkit listrik Tenaga Bio-Diesel dengan konverter, pembangkit listrik tenaga matahari dan pembangkit listrik tenaga bayu  dan pembangkit listrik.

Wisnu berharap MOU ini juga menjadi awal masuknya pihak asing ke Kawasan Industri Jorong (JBIC). Meski demikian, Wisnu melanjutkan jika investor  bersedia bekerja di Jorong, maka harus ada take and give yang diberikan.

“Karena disisi lain kita sebagai perusahan yang mencari profit, kita juga punya komitmen-komitmen kepada daerah dan negara, antara lain menyerap tenaga lokal sebanyak mungkin sesuai keahliannya, Sebagai Swasta Nasional, JBIC juga  memikirkan tentang perkembangan daerah dan negara ini, bukan sekedar untuk mencari keuntungan saja,” jelasnya.

Wishnu berharap, JBIC dapat menjadi central perdagangan, central niaga Indonesia karena posisinya yang strategis.

“Posisi Jorong sangat strategis, karena posisinya sendiri tepat ditengah Indonesia. Dan kawasan industri Jorong ini tidak hanya bersaing secara lokal, namun berharap bisa bersaing secara nasional dengan negara – negara lain,” tutup Wishnu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *